Selasa, 27 Desember 2011

Membudayakan Berkebun :D

Dearest reader,

Kali ini saya ingin posting tentang hobi yang lagi musim saat ini (buat saya pribadi tentunya). Sebenarnya saya sejak kecil gk pernah punya hobi tanam-menanam. Entah mengapa, baru-baru ini aja kepikiran untuk berkebun. Mungkin karena tuntutan alam, apalagi di Kalimantan ini. Yang namanya barang apapun gak ada kata murah. Serba mahal segalanya. Karena itulah, saya berinisiatif untuk menanam beberapa jenis tanaman sayur-mayur yang paing utama untuk bahan memasak.

Sampai saat ini, saya sudah menanam cabai merah, cabai rawit, jeruk nipis, sawi, wortel dan bawang bombay. Gak hanya sayur, saya juga menanam buah yaitu mangga. Bayangin aja reader, harga mangga disini bisa mencapai 60ribu per kilogram. Buset dah, kasarnya 1 buah mangga harganya Rp 20ribu. Gile kan? Tapi jangan salah, harga segitu di Kalimantan orang pada bisa jangkau. Maklum, Kaltim ini termasuk pulau yang terkaya di Indonesia. Rakyatnya makmur2. Saya mikir, daripada beli, kenapa gk nanam aja. Akhirnya, stelah saya dan suami tercinta menikmati mangga hingga habis. Saya membersihkan biji mangga sampai bersih lalu saya biarkan beberapa hari sampai kering. Setelah benar-benar kering, lalu saya bawa biji mangga tersebut ke lahan kebun sederhana saya. Biji tersebut saya biarkan saja di atas tanah. Alhasil, beberapa minggu kemudian mangga tersebut tumbuh saudara2... :D Tinggal tunggu berbuah aja walaupun masih lama.

Gak hanya pohon mangga, yang udah keliatan pertumbuhannya yaitu sawi. Cara saya menanam sawi adalah saya mencari bagian sawi yang sudah berbunga. Nah, bagian kecil dari bunga tersebut saya tancapkan aja ke tanah. Dan skarang udah makin besar ruas daunnya... Jadi gak sabar untuk segera memanen sawi :D

Yang saya dapatkan dari pengalaman saya berkebun adalah kepuasan batin. Saya merasa senang banget saat melihat apa yang saya tanam terlihat pertumbuhannya. Saya jadi selalu memperhatikan tumbuhan tersebut setiap harinya. Begitu juga dengan suami saya. Kami jadi sama-sama excited pengen ngeliat buahnya dan sayur jadinya :D

Menurut saya menanam jenis tumbuhan seperti yang telah saya lakukan sangat bermanfaat, reader. Apalagi kita tau bahwa harga bahan makanan melonjak berdasarkan inflasinya. Padahal kita bisa menanamnya dan pertumbuhannya juga mudah. Gak sulit juga pemeliharaannya asal kita mau. Lumayan menghemat, reader. Lumayan lah buat yang hobi shopping hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar