Kamis, 04 Oktober 2012

Mengupas Buku "Chairul Tanjung Si Anak Singkong"

Siapa yang belum baca bukunya "Si Anak Singkong"? Wah, rugi banget. Sumpah, ni buku benar-benar terasa hidup buat saya selama membacanya. Gimana gak, walaupun buku ini menceritakan tentang biografi seorang Chairul Tanjung, namun saat menyimak kisah beliau dalam buku yang ditulis oleh Tjahja Gunawan Diredja rasa-rasanya roh semangat perjuangan CT begitu terlihat (bukan hanya terasa). Sungguh hebat Pak Tjahja yang berhasil memprovokasi saya untuk mampu menyelesaikan bacaan yang berjumlah 384 halaman ini hanya dalam 5 hari saja.

Masih belum penasaran? Pasti bukunya tebal banget ya? Ya, sangat tebal. Tapi karena alur cerita dan perjalanan hidup CT yang begitu penuh perjuangan, banyak pelajaran yang bisa diambil dan sewajibnya dicontoh oleh para pelajar masa kini dan masa depan. Malu rasanya jika melihat kondisi anak muda Indonesia di jaman sekarang yang lagi marak2nya tawuran yang notabene berasal dari sekolah favorit. Mau dibawa kemanaaaa... pfiuuuuh... Miris deh kalo ngikutin gimana perjuangan CT saat beliau sekolah. Jadi, buat anak muda buku ini jadi bacaan wajib.

Beliau bukanlah anak satu-satunya dalam keluarga. Beliau punya kakak dan punya adik. Sama seperti anak-anak lainnya. Tidak ada yang spesial dari beliau di masa kecilnya. Keistimewaannya terletak pada orang tua beliau
yang sudah menjadi prinsip anak2 mereka harus mengenyam pendidikan di sekolah yang terbaik. Beliau bersekolah di SMP Katolik yang terkenal sangat disiplin. Bahkan cikal bakal perjuangan beliau bermula dari usia beliau SMP. Sejak belasan tahun di usia belianya, CT telah belajar ilmu kewirausahaan lewat jualan es mambo yang seluruh hasilnya harus disetorkan kepada sekolah untuk melatih kejujuran dalam berwiraswasta. Selain itu sejak SMP hingga SMA (di Budi Utomo), beliau mengikuti sekolah teater yang mengajarkan beliau lbh mampu mengendalikan emosi dan melatih mimik serta olah verbal.

Hal yang mengharukan adalah saat keinginan beliau berkuliah di universitas negeri. Hal ini CT tempuh karena biaya kuliahnya pasti lebih murah. Setelah dinyatakan lulus di Fakultas Kedokteran Gigi di UI, Jakarta, beliau yang awalnya sangat gembira, malah merasa sangat sedih setelah tahu bahwa biaya pendaftaran untuk masuk ke UI berasal dari hasil gadai kain halus Ibu beliau. Hal ini disampaikan oleh Ibu beliau setelah urusan administrasi di UI telah beres diurus. Padahal saat itu, kondisi ekonomi keluarga mereka sedang tidak baik karena Ayah beliau telah dipecat semasa rezim Suharto. Mendengar hal tersebut dari ibunya, detik itu pula beliau bersumpah tidak akan menyusahkan orang tua beliau dalam membiayai kuliah CT hingga kehidupan beliau selamanya.

Benar saja, segala usaha beliau upayakan tanpa rasa malu demi meringankan beban orang tua beliau. Mulai dari menunggui beberapa WC di sekitar beliau tinggal, hingga berbisnis fotokopi di kawasan kampus. Selain itu, saat peluang terlihat oleh CT bahwa setiap mahasiswa membutuhkan alat kedokteran gigi, usaha tersebut juga dijalankan oleh beliau. Salutnya lagi, bukan hanya bisa membiayai keluarganya, namun di usia beliau yang ke 22 tahun (1984) sudah mampu membeli mobil sendiri dari hasil keringat beliau yang sumbernya bersih. Tidak tanggung2, Honda Civic. Bisa dibayangkan kegigihan beliau seperti apa. Coba dibandingkan dengan kita di usia 22 tahun saat ini....

Apakah bisnis yang beliau geluti mengganggu kuliah beliau? Tidak sama sekali. Beliau tetap berhasil baik kuliah maupun bisnis. Bahkan setelah kelulusan, beliau tidak berhenti berbisnis. Justru berbagai resiko pun berani beliau ambil untuk meningkatkan karirnya. Sempat merasakan bangkrut, namun tidak lama karena selalu ada alternatif bagi beliau untuk keluar dari masalah. Jaringan relasi pun beliau perluas demi kepentingan bisnis. Tentu saja kunci sukses beliau selama menjalankan usaha adalah kejujuran dan kepercayaan di atas segala-galanya.

Siapa yang tidak tau BSM (Bukan Bank Syariah Mandiri, ya...) tapi Bandung Super Mall. Trus Trans Studio yang di Makassar dan di Bandung. Bank Mega konvensional dan syariah, serta Carrefour? Kalo stasiun TV swasta TransTV dan Trans7? Semua pasti tau. Itu semua merupakan aset beliau yang semula hampir tidak dapat diselamatkan dari tangan pemilik sebelumnya. Bahkan saat ditawarkan kepada beliau, saat itu bagaimana pengelolaannya beliau belum tau caranya. Spekta banget gak tu orang??? Jungkir balik juga katanya di awal, namun beliau melakukan strategi bermacam-macam, mulai dari beberapa pengorbanan, kejujuran, kepercayaan, dan yang terpenting adalah relasi.

Kekayaan beliau untuk siapa? Ini yang bikin saya gak habis pikir sama Pak Chairul Tanjung. Beliau bukanlah seorang hartawan yang egois. Bisa dibayangkan kan berapa jumlah uang yang mengalir di rekening beliau setiap detiknya? Harta tersebut bukan hanya dinikmati sendiri dan keluarganya saja, tapi juga beliau zakatkan dalam bentuk pembangunan Rumah Anak Madani (RAM) untuk menampung anak-anak korban tsunami tahun 2004. Tidak berhenti sampai disitu, beliau juga melanjutkan pembangunan SMA unggulan di bawah yayasan CTF (Chairul Tanjung Foundation) yang diperuntukkan hanya kepada anak-anak miskin yang berbakat saja. Seluruh biaya dan keperluan mereka ditanggung hingga mereka lulus, bahkan membiayai mereka hingga kuliah. Gimana beliau gak tambah kaya ya? Subhanallah... Berapa banyak orang yang beliau bantu, berapa besar pahala beliau karena didoakan oleh siapapun yang beliau sedekahkan. Selain mencintai ibu, seorang CT juga tak pernah lupa dengan gurunya. Terharu banget saat melihat foto-foto beliau ketika mengundang guru SMA beliau dan kegembiraan mereka dari bantuan CT yang terdokumentasi apik di buku tersebut.

Subhanallah, beliau mengatakan kalau saja bukan karena kain halus ibu yang digadaikan untuk pendaftaran kuliah beliau di UI, mungkin beliau tidak akan menjadi sukses seperti saat ini. Bagaimana dengan kita yang notabene serba kecukupan? Apa yang telah kita buat untuk orang banyak? Beliau malah ingin ada 1000 Chairul Tanjung di Indonesia supaya mampu memberikan lapangan kerja kepada seluruh rakyat Indonesia sehingga Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata oleh negara asing.

Kira-kira, ada berapa Chairul Tanjung saat ini di Indonesia? Apakah termasuk Anda salah satunya? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar