Jumat, 19 Oktober 2012

Nak, Besar Nanti Mau Jadi Apa?

Kalian masih inget gak masa-masa kecil dulu kayak apa?
Tulisan saya kali ini saya ingin membawa kalian kembali ke jaman baheula pas masih suka ngompol di celana hihhii... Masa-masa indah tanpa mikirin apapun resiko atas keputusan yang kalian pilih, moment yang tak terlupakan dimana orang tua sangat memanjakan kita. Saya yakin kalian masih bertanya-tanya, inti yang mau saya sampein apa sih? Yup, sabar ya teman-teman... Bakal tak tulis di paragraf selanjutnya. Tugas kalian sekarang, coba kalian bayangkan saat usia kalian sekitar 3-6 tahun...

Saya yakin kalian pasti setuju kalo perkembangan anak-anak sangat tergantung pada cara didik orang tuanya. Kalo saya dulu, mama dan ayah tu paling seneng nanyain
"Lia... kalo udah besar mau jadi apa?". Yup, ini lah pertanyaan favorit ortu saya saat saya maupun adik-adik baru-baru aja bisa ngomong. Kalo orang tua kalian gimana? Beda generasi mungkin beda juga pertanyaannya kali ya? hehehe... Kalo dipikir-pikir, pertanyaan semacam ini sama aja kayak nanya, "cita-cita kamu apa?". Atau versi lainnya, "tujuan alias visi kamu tu apa?" namun disesuaikan dengan konteks bahasa dan targetnya kepada siapa pertanyaan ditujukan. Bahasa untuk anak-anak akan berbeda digunakan dengan orang dewasa maupun remaja.

Menurutku, pertanyaan ortu saya ini sangat dalam maknanya saat ditanyakan sama anak seumuran jagung. Kenapa? Mungkin niat mereka menanyakan hal itu awalnya hanya sekedar iseng aja, atau buat ngetes aja udah ngerti kata apa aja. Bisa jadi juga karena mereka penasaran dengan jawaban-jawaban anak kecil yang siapapun tau pasti diluar dugaan. Mungkin juga mereka ingin merekam kenangan masa-masa kecil dan pas anak mereka udah besar diingatkan kembali memori masa kecil dulu, entahlah... Dimana letak kedalaman maknanya? Kita tau bahwa hidup di masa kanak-kanak itu penuh dengan spontanitas. Spontanitas ini dipengaruhi sebagian besar oleh aktivitas otak kanan. Tanpa direncanakan. Sehingga jawaban-jawaban anak kecil biasanya berada di bawah alam sadar mereka. Yaiyalah, namanya juga anak kecil mana ngerti. Justru disinilah keunikannya anak-anak yang sangat berbeda ketika mereka berubah menjadi orang dewasa yang sebagian besar aktivitasnya dipengaruhi oleh otak kiri. Coba kalo dibacain dongeng pas mau tidur ke anak-anak dan orang dewasa, siapa yang mau ngedengerin? Gak salah lagi, pasti 99% anak-anak, mungkin hanya 1% orang dewasa aja yang mau denger. Jadi sebenarnya mau bilang apa sih? Baiklah, baiklah...


Pas ortu dulu nanya ke saya pertanyaan serupa, sering kali saya menjawab "Gulu..." hehehe.... Itu kalo diterjemahkan ke bahasa orang dewasa berarti "guru". Bahasa yang sama yang digunakan oleh orang-orang cadel :D (tidak bermaksud untuk merendahkan ya, tapi mengungkapkan kejujuran). Sekarang usia saya 27 tahun, sehari-hari saya menghabiskan sedikit waktu saya dengan mengajar anak-anak di kampung Sangkima ini (tempat saya tinggal bersama suami tercinta). Yaah, walaupun bukan sebagai seorang profesional seperti guru PNS atau swasta di sekolah-sekolah maupun institusi seperti lembaga bimbingan belajar profesional, GO, primagama, bima, SSC, dll. Namun saya tetap menjalankan kegiatan layaknya seorang guru. Nah, disinilah maksud saya dari perpanjangan jawaban saya masa kecil dulu. Ketika spontanitas jawaban itu merupakan sebuah doa dan di"amin"kan oleh Yang Di Atas, maka kun fayakun... Jadilah, maka jadilah ia. Saya sangat percaya dengan kekuatan "kata". Karena bukan hanya saya yang merasakan jawaban ini sebagai sebuah doa di masa kecil, tapi juga adik saya yang kini benar-benar menjadi seorang dokter :)

Saya sangat yakin, dibalik spontanitas apapun bentuknya hampir 100% berasal dari hati. Yang paling nyata itu adalah ucapan. Nah, kalo latah? Itu beda bahasan kayaknya. Nah, secara gak langsung ketika kita masih kecil ketika ortu mengarahkan kita ke suatu hal atau kebiasaan maka secara umum hal itu akan terbawa hingga dewasa. Walaupun tidak dibiasakan, menurut saya sih. Buktinya adalah ya dari pertanyaan sederhana tadi. Mungkin hanya saat kita baru bisa ngoceh aja ortu tanyakan, setelah itu tidak lagi. Namun tanpa kita sadari, bahwa pertanyaan itu adalah salah satu arahan dari ortu baik itu secara sadar atau tidak. Tidak tertutup kemungkinan juga bisa berubah, tapi saya ngeliat keluarga saya karena sudah terbukti ;) Dan besar kemungkinan karena kekuatan doa yang mereka untaikan setiap selesai shalat fardhu mereka.

Teman-teman, ada hal yang sedikit gokil ni sebenarnya. Pas saya udah masuk SD kelas 2 tuh ya. Saya dibikinin papan tulis sama ayah berbahan dasar triplex yang dicat warna hitam oleh beliau. Bermodalkan kapur tulis tentunya biar bisa nulis. Tau ga ukuran papan tulisnya segimana? Hanya 50 cm x 40 cm. Kecil banget kan ya... Tapi waktu itu saya ngerasa seneeeeng banget dikasih papan tulis ama kapur sama ayah. Kalo merefleksikan dulu sama sekarang tu jadi kepikir bahwa dulu ayah ngasih kail buat saya, bukan ngasih ikan. Tau kan peribahasanya tu? Kalo gak, harus balik lagi ke umur 5 tahun :P hehehe... Trus sejak itu, saya sering banget ngomong sendiri sambil nulis di papan tulis pelajaran-pelajaran yang udah saya terima di sekolah. Kadang tu ortu suka ngintip-ngintip dari kamar pas saya lagi ngajar sendiri tanpa seekor makhluk pun di depan saya. Mungkin jin-jin pada melototin saya ngajar kali ya hahahha... Nah, biasanya saya mulai melakukan "mengajar2an" itu di jam-jam orang lagi boci alias bobo ciang. Soalnya malu kalo ketauan ngomong sendiri hahaha... Pernah tu ayah mau masuk kamar, saat itu juga volume suara saya kecilkan sejenak karena ketauan hahaha... Gak tanggung-tanggung imajinasi saya saat itu. Saya juga nyiapkan raport, daftar nilai dan daftar hadir dengan nama-nama fiktif yang saya spontan aja nulisnya. Kalo diingat-ingat lagi sekarang rasanya pengen ketawa.

Alhamdulillah, kalo dulu papan tulisnya minimalis, sekarang udah maksimalis hehehe... Kalo dulu papan tulisnya cuma seiprit, sekarang udah menuhin dinding. Dulu nulis pake kapur, sekarang pake spidol. Kalo dulu cuma bisa ngajar sendiri, sekarang udah punya siswa/i sendiri yang banyak, bahkan sempat merentas karir di salah satu SMA swasta favorit di Banda Aceh dan jadi wali kelas. Makasih Ayah dan Mama, makasih ya Allah... Sungguh aku merasa hidupku begitu dinamis dan sangat indah tidak terlepas karena izinNya.

Pesan saya buat orang tua muda yang baru punya anak maupun calon ortu, kalo anak udah mulai bisa bicara atau masih dalam kandungan, ajaklah mereka bicara dan tanyakanlah, "Nak, besar nanti mau jadi apa?"

Saya juga mau share link yang bagus buat dibaca oleh ibu rumah tangga maupun siapa aja:

Kiat dan Tips Membuat Les Privat

Strategi Pengajaran dalam Les Privat


1 komentar:

  1. Nah itu benar, faktanya masih banyak orang yang bahkan sampai sekarang masih ragu dan belum menemukan apa yang diinginkan atau dicita-citakan, ini merupakan sungguh ironi bahkan ketika sampai besarpun masih banyak yang belum mengetahui mau jadi apa dan apa yang ingin dilakukan. Karena itu pendidikan dan pengenalan diri sejak dini pada anak dan passion harus diajarkan sejak kecil agar ketika dewasa tahu tujaun dan arah

    BalasHapus